Selasa, 01 Januari 2013

5 LEMBAGA TERKORUP DI INDONESIA



korupsi, korupsi adalah perbuatan haram yang merugikan negara, baik itu dalam bntuk uang, aset , dll
koruptor adalah orang yang melakukan perbuatan korupsi, belakang-belakangan ini sedang marak-maraknya kasus korupsi yang terbongkar oleh lembaga - lembaga yang ada di indonesia.

untuk itu berikut ina adalah 5 lembaga terkorup di indonesia

1. DPR-RI




Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia atau sering disebut Dewan Perwakilan Rakyat (disingkat DPR-RI atau DPR) adalah salah satu lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang merupakan lembaga perwakilan rakyat. banyak dari anggota DPR yang menyalah gunakan jabatannya untuk memperkaya diri sendiri berkat kekuasaan yang di pegangnya.
salah satu contoh adalah angelina sondakh, ia terkena kasus skandal korupsi hambalang dan ia sudah di fonis 12 tahun penjara.

2.  DIREKTORAT JENDRAL PAJAK



Direktorat Jenderal Pajak adalah sebuah direktorat jenderal di bawah Kementerian Keuangan Indonesia yang mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perpajakan. kini pamor direktoreat jendral ajak mulai turun, karna terjeratnya gayus tambunan ke dalam kasus penyuapan yang merugikan negara miliaran.


3. KEPOLISIAN RI



 Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) adalah Kepolisian Nasional di Indonesia, yang bertanggung jawab langsung di bawah Presiden. Polri mengemban tugas-tugas kepolisian di seluruh wilayah Indonesia. Polri dipimpin oleh seorang Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri).  salah satu contoh yang dilakukan oleh kepolisian adalah kasus pengadaan simulator sim.


4. PARTAI POLITIK


Sebuah partai politik adalah organisasi politik yang menjalani ideologi tertentu atau dibentuk dengan tujuan khusus. Definisi lainnya adalah kelompok yang terorganisir yang anggota-anggotanya mempunyai orientasi, nilai-nilai, dan cita-cita yang sama. Tapi sayang tidak sedikit partai polik yang melakukan perbuatan korupsi, contoh saja partai demokrat, ia terkena kasus korupsi yang dilakukan oleh sekertariatnya yaitu nazarudin.

5. KEJAKSAAN AGUNG


     



 Kejaksaan Agung (disingkat Kejakgung atau Kejagung) adalah lembaga kejaksaan yang berkedudukan di ibukota negara Indonesia dan daerah hukumnya meliputi wilayah kekuasaan negara Indonesia. salah satu kasus yang menimpah kejagung kasus suap kepala kejaksaan oleh gayus tambunan.


Survei SSS Sebut DPR Lembaga Terkorup
Rabu, 06 Juni 2012 | 16:10
Angka korupsi tertinggi juga terjadi, di antaranya, di Kantor Pajak, Polri, dan Kejagung.
Publik yang terjaring dalam survei preferensi masyarakat terhadap calon presiden dan calon wakil presiden berpendapat bahwa DPR adalah lembaga paling korup di antara 15 lembaga-lembaga  eksekutif, legislatif dan judikatif yang disebut dalam pilihan survei  tersebut.
“Sebanyak 1030 atau 47 persen dari 2192 responden berpendapat bahwa DPR  adalah lembaga paling korup,” ujar koordinator survei, Muhammad Dahlan, dalam peluncuran hasil survei itu, hari ini.
Survei  yang dilakukan oleh Soegeng Sarjadi Syndicate itu dilakukan di  33 provinsi pada tanggal 14-24 Mei 2012 dengan wawancara tatap muka  terhadap 2192 responden yang terdiri dari 54,1 persen laki-laki dan perempuan 45,9  persen.
Empat lembaga lain yang masuk lima besar dalam kategori lembaga terkorup adalah Kantor Pajak, Kepolisian, Partai Politik dan Kejaksaan Agung.
Sementara itu, DPD, KPKi,  Kepresidenan, MA, dan TNI menduduki deretan lima terbawah dari 15 lembaga yang dianggap korup dengan  masing-masing persentase di bawah 1 persen. Temuan itu berkorelasi dengan pertanyaan lain dalam survei mengenai  masalah yang paling mendesak untuk diselesaikan di Indonesia.
Dahlan mengatakan, dari total responden, 1044 atau 47,6 persen  menjawab korupsi dan suap adalah masalah paling mendesak diselesaikan di  Indonesia.
Responden juga menilai, dalam masalah kinerja, pemerintah gagal  dalam menangani masalah korupsi dengan index penilaian 0,604 atau berada  di urutan ketiga dari enam masalah yang gagal ditangani oleh  pemerintah, setelah perekonomian rakyat dan penegakan hukum dan hak  asasi manusia.
Penulis: Ismira Lutfia/ Ratna Nuraini/  beritasatu.com
***
Dicap Sebagai Lembaga Terkorup
Kepercayaan Publik Pada DPR Menurun
WAKIL Ketua DPR RI Pramono Anung mengatakan, DPR RI harus terus melakukan pembenahan dan koreksi ke dalam guna meningkatkan kepercayaan publik, menyusul ahasil survei yang menyatakan DPR sebagai lembaga paling korup.
“Saya bisa memahami hasil survei yang dilakukan oleh lembaga survei independen yang menyimpulkan DPR sebagai lembaga paling korup,” kata Pramono Anung di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu 6 Juni 2012.
Menurut Pramono, hasil survei dari lembaga survei independen tersebut harus menjadi koreksi bagi DPR RI untuk memperbaiki diri. “Apapun kesimpulan dari hasil survei tersebut, menunjukkan kepercayaan publik terhadap lembaga DPR RI menurun,” tukasnya.
Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, dalam 10 bulan terakhir pemberitaan DPR RI yang terkait kasus dugaan korupsi terus bergulir. Ia mencontohkan, kasus dugaan korupsi pada proyek pembangunan wisma atlet untuk SEA Games, dan kasus dugaan korupsi pada pembangunan pusat olahraga di Hambalang yang terkait dengan anggota DPR RI.
Pada kesempatan tersebut, Pramono mengimbau seluruh anggota DPR RI untuk bisa melakukan pembenahan dan koreksi diri serta fokus bekerja untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga DPR RI. “Jika kepercayaan masyarakat terhadap lembaga DPR RI terus menurun, sangat menyedihkan. Harus ada perbaikan dari internal DPR RI,” ucapnya.







0 komentar:

Posting Komentar